Lembaga Survei Indikator Politik Mengatakan 89,5 Persen Kepuasan Masyarakat Mudik Saat Lebaran Tahun 2023

 Burhanuddin Muhtadi

JAKARTA - Seusai paska mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijrah/2023. Sehat umum penyelenggara transportasi tergolong lancar dan dapat memenuhi harapan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik maupun balik. Ini sesuai dengan hasil Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis survei kepuasan publik terhadap penanganan mudik Lebaran 2023. 

Hasilnya, kepuasan masyarakat terhadap mudik Lebaran tahun ini mencapai rekor tertinggi 89,5%. Survei ini tersebut dilakukan sejak tanggal 30 April sampai 6 Mei 2023 terhadap 1.218 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Survei dilakukan melalui panggilan telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Tentunya ini terjadi penurunan pada tahun 2022 lalu. Angka  kecelakaan lalu lintas 21 persen dan korban meninggal dunia 39 persen. Jalan Tol Trans Jawa masih favorit pilihan pemudik, kendati kapasitas jalan tol tidak akan dapat mengakomodasi kebutuhan pemudik yang cukup besar. Alhasil, kemacetan pasti terjadi dan harus ada rekayasa lalu lintas (seperti ganjil genap, contra flow, dan one way) upaya mengendalikan di jalan tol. Tidak hanya di jalan Tol Trans Jawa, namun di jalan arteri juga dilakukan hal yang sama, seperti di sistem satu arah (one way) ruas jala Padang - Bukittinggi, Sumatera Barat.

Imbauan Presiden yang memungkinkan aparatur sipil negara (ASN), personel TNI/Polri, dan pegawai BUMN untuk menambah cuti atau bekerja dari rumah sehingga bisa menunda kepulangan disampaikan pada 24 April. Hal serupa dianjurkan bagi pegawai swasta sepanjang tidak ada kepentingan mendesak. Masyarakat diminta menghindari puncak arus balik yang diperkirakan berlangsung pada 24 - 25 April. Selain itu adanya penerapan potongan tarif (diskon) jalan tol 15 - 18 April dan 27 - 29 April oleh PT Jasa Marga turut berpengaruh untuk mengurai pemerataan atau distribusi arus perjalanan mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Berikut ini hasil lengkapnya:

Semua responden

- Sangat puas: 15,2%

- Cukup puas: 62,8%

- Kurang puas: 9,8%

- Tidak puas sama sekali: 2,1%

- Tidak tahu/tidak jawab: 10,2%


Khusus yang mudik

- Sangat puas: 23,0%

- Cukup puas: 66,5%

- Kurang puas: 7,8%

- Tidak puas sama sekali: 1,7%

- Tidak tahu/tidak jawab: 1,0%

Jika nilai sangat puas dan cukup puas digabung, maka jumlahnya 89,5%.

Mulanya, responden diberi pertanyaan 'Apakah Ibu/Bapak melakukan mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini?'.


Hasilnya:

31,3% Ya

68,7% Tidak

"Sekitar 31,3% warga mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini," ungkap peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers secara virtual, Ahad (14/5). (Int/detik.com/mat).



Postingan Populer