Meredam Konflik Antara PT.Panahatan Dan Masyarakat, Kodim 0303 Bengkalis Dan Kapolres Serta Tokoh Bathin Suku Sakai Lakukan Dialog Terbuka





Mandau -(Lintas24riau.com)- Mediasi Konflik yang terjadi Antara PT.Panahantan dengan Masyarakat yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu, yang dimana saat konflik tersebut terjadi salah satu masyarakat mengalami luka dan bocor di kepala, mengakibatkan meninggal dunia.



Dengan adanya  kejadian tersebut masyarakat tidak terima dan meminta PT.Panahatan bertanggung jawab atas kejadian menimpa warga suku sakai


Untuk meredam gejolak yang lebih besar dari pihak pemerintah mencoba untuk melakukan mediasi dan di hadiri langsung oleh Kodim 0303 Bengkalis dan Forkopimda Bengkalis yang di laksanakan di Gedung Serbaguna Bathin Betuah Kantor Camat Mandau, jalan Sudirman, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, pada hari Selasa (11/07/2023).



Dalam mediasi tersebut turut hadiri Bupati Bengkalis diwakili Plt. Sekretaris Bengkalis Dr. Ersan Syaputra.TH, Dandim 0303 Bengkalis Letkol INF Endik Yunia Hermanto, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro,Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kab. Bengkalis, Toharudin, SH, M.Si, Kadis Perkebunan Kab. Bengkalis, M. Azmir, S.Hut.T, M.Sc, Plt. Kasat Pol PP kab. Bengkalis ,Hengki Irawan, SH,Camat Mandau Riki Rihardi, Sstp, M.Si, Camat Bathin Solapan, M. Rusydy MR,S.STP,M.Si, Pimpinan PT. Panahatan, Pohan, Ketua LAMR kec. Mandau,Datuk Revol, Ketua Pemuda Sakai kec. Bahtin Solapan Andika Putra Kenedi, Ahli Waris Tanah Ebi Saputra,



kepala suku sakai bomban petani Abian, Sekretaris majeslis sakai riau Suhardi,

Ketua kelompok tani daya bersama, Jaai, Istri alm Logam, Ibu Erni, Sutan Betuah, Kuri,S, dan Para toga, toga dan undangan 150 Orang.




Dalam perundingan tersebut ketua pemuda sakai bathin solapan Andika Putra Kenedi menyampaikan meminta Pihak Panahatan jangan lagi mengganggu masyarakat sakai di atas tanah Kelompok Tani Daya Bersama, karena kami masyarakat sakai sudah ada sebelum panahatan bahkan jauh sebelum NKRI terbentuk, karena kami masayarakat sakai adalah ahli waris yang sah terhadap tanah leluhurnya, kami juga meminta kepada pemerintah bengkalis berikan penegasan terhadap PT.Panahatan tersebut pungkas nya.


Untuk saudara kami yang meninggal Alamrhum Liman alias Logam kami meminta dari pihak PT.Panahatan bertanggung jawab kepada keluarga ( anak dan istri ) almarhum Liman alias Logam, meminta PT.Panahatan dikenakan sanksi Adat Suku Sakai, ujar nya, dan juga Terkait persoalan lahan, pihak panahatan harus tunjukkan legalitas nya secara sah, ujar andika.



Menanggapi hal tersebut dari pihak PT. Panahatan Polin Sitorus mengatakan Semua suku sakai seluruhnya baik dan bersama-sama dengan Polin Sitorus membangun perkebunan PT. Panahatan. Lahan disana merupakan tanah yang sudah dijual thn 1997, karena bapak . Jaai kami anggap sebagai keluarga bapak Polin dalam pengurusan dan perkebunan PT.Panahatan saat itu bapak Jaai masih berusia 15 tahun, pungkas nya.


Namun saat ini bapak Jaai tidak jelas karena sudah membawakan warga suku sakai baik anak-anak dan ibu-ibu utk ikut menciptakan suasana kisruh di PT. Panahatan, untuk masalah legalitas yang diminta kami siap menunjukkan bukti-bukti pemilikan perusahaan PT. Panahatan. Seluruh surat- surat sudah ada sejak tahun 1998, ujar polin.




Setelah mendengar dari kedua belah pihak mewakili dari Bupati Bengkalis Sekda Bengkalis Plt Dr. Ersan Syaputra.TH mengatakan dalam mediasi ini kita tidak mencari kesalahan masing-masing pihak, dihadapan hukum semua sama. Sama-sama warga masyarakat yang dilindungi hukum, ujar nya.


Kita fokus dalam mediasi menyelesaikan permasalahan ini dan mencari solusi nya, kalau untuk masalah lahan,kita mengundang pihak yg berkompeten untuk membuktikan legalitas lahan tersebut, pungkas Ersan.



Dalam mediasi tersebut Komandan Kodim 0303 Bengkalis Letkol INF Endik YH juga menyampaikan kita berada disini untuk mencari solusi, bukan mencari siapa yang benar dan salah, dan memohon kepada masyarakat dan PT

Panahatan untuk menyelesaikan ini dengan pikiran tenang dan hati yang jernih, dan saya berkeinginan permasalahan antara masyarakat dan PT.Panahatan hari ini selesai. Pungkas Dandim Letkol INF Endik YH.


Keterangan Ketua LAMR kawasan Bathin 8 dan Bathin 5 Sakai Riau mengatakan Fokus terhadap almarhum. Logam yg sudah meninggal dan keluarga yang ditinggalkan, memohon kepada pihak hukum untuk memproses tersangka pelaku yg mengakibatkan meninggalnya almarhum logam, dan untuk permasalahan lahan kami tidak mengetahui karena pada saat itu masih kecil, dan masalah legalitas kita serahkan kepada pemerintah, kami berharap kedepannya tidak ada lagi perselisihan seperti ini, ujar nya.


Ketua LAMR Mandau Datuk Revol menambahkan pihak Polisi cepat tanggap dalam menanggapi permasalahan, karena anak kemenakan sudah menyampaikan tuntutannya. Pihak PT.Perusahaan segera menanggapi tuntutan anak kemenakan kami, kami meminta untuk transparan dalam menanggapi tuntutan anak kemenakan dan tata kelola perkebunan PT. Panahatan ini, kami senang bapak.Polin Sitorus mau bekerjasama dengan warga masyarakat suku sakai seperti yang bapak Polin ceritakan, namun kami minta

pihak PT. Penahatan tolong perhatikan kehidupan warga masyarakat sakai yang hidup di hutan dan sungai, dan meminta kepada Camat Bathin Solapan menyelesaikan gejolak anak kemenakan kami ini, pungkas Datuk Revol.


Selama lebih dari beberapa jam mediasi yang laksanakan pada pukul 14:00 Wib mediasi Terkait Konflik Antara Masyarakat Dengan Karyawan PT. Panahatan selesai dalam keadaan aman dan kondusif.(adi)

Postingan Populer