Melalui Dana BERMASA Tahun 2022 Pemdes Hutan Panjang Adakan Pelatihan Keterampila Lidi Dari Pelepah Sawit

 

Usia mengikuti pelatihan keterampilan lidi dari pelepah sawit, ibu - ibu PKK foto bersama.


RUPAT UTARA – Salah satu program unggulan Bupati Bengkalis, Kasmarni SSos MMP Tahun 2022 yang telah digulirkan ke Pemerintah Desa adalah Program Bermarwah, Maju dan Sejahtera (BERMASA). Dalam program ini, Bupati telah menguncurkan dana sebesar Rp. 1 milyar perdesa/kelurahan yang ada di se Kecamatan Bengkalis. Dari 1 Mil’yar terserbut ada juga program peningkatan PKK.

Seperti yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Hutan Panjang, Kecamatan Rupat Utara. Tanggal 17 Desember 2022 lalu telah melakukan pelatihan Peningkatan 10 Program PKK Desa Hutan Panjang. Pelatihan tersebut untuk memberi pengetahuan Keterampilan membuat Lidi yang di ambil dari pelepah sawit. 

Kepala Desa Hutan Panjang, Amran kepada wartawan mengatakan bahwa memang benar dari Program BERMASA tersebut ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksakana. Baik itu pembangunan, pemberdayaan dan pelatihan. Jadi pemanfaatan lidi pelepah kelapa sawit menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi dirasakan masih minim. Sebagian besar masyarakat masih menilai lidi tanaman kelapa sawit tidak memiliki nilai tambah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kami mencoba menggali potensi masyarakat terutama kalangan ibu-ibu, memanfaatkan bahan-bahan yang memiliki potensi untuk dibuat menjadi karya seni yang bernilai tinggi," ujar kades. 

Melihat program ini sangat berdampak positif dan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat. ‘’ saya sebagai kepala desa Hutan Panjang dan mewakili seluruh masyatakat berharap agar program ini terus berkelanjutan untuk tahun berikutnya. Oleh sebab itu mari dukung terus program Ibu Kasmarni Bupati Bengkalis untuk menjadi lebih baik lagi,’’ harapnya. mat


Postingan Populer