Dibangun Sinergitas Wujudkan Moderasi Beragama di Pinang Sebatang Timur



SIAK (Lintas24riau.com) Dimotori pihak Kementerian Agama RI melalui petugas Penyuluh Agama Islam Non PNS Kanwil Kemenag Riau Kabupaten Siak Kecamatan Tualang, Rinaldi S.Ag digelar kegiatan sosialisasi program "Moderasi Beragama Bersinergi" yang belangsung di Ruang Majelis Guru SDN 08 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang pada Jumat (12/1).


Peserta sosialiasasi Moderasi Beragama Sinergi ini adalah Penghulu Kampung Pinang Sebatang Timur (PST), Heri Suparyan SE diwakili Juru tulis II Kantor Desa Pinang Sebatang Timur, Viki Tinodesrial, Ketua BPKam PST, Syofi Yardi dan anggota, Sartunis, Babhinkamtibmas PST, JP Sihombing, Kepala SDN 08, Kasimin SPd, beserta majelis guru agama Islam dan Kristen dan lainnya.


Peserta sosialisasi sangat memandang dan menilai positif akan tekat membangun semangat sikap Moderasi Beragama dengan bersinergi dengan semua pihak, sehingga kehidupan kerukunan agama semakin tercerahkan dan terterap dalam kehidupan bermasyarakat yang akhirnya akan terwujud keamanan dan ketertiban di Pinang Sebatang Timur khususnya Indonesia umumnya.


"Program Moderasi Beragama ini sangat connec dengan semangat kurikulum Merdeka yang diterapkan disekolah, makanya ini sangat kita sambut untuk dijadikan SDN 08 ini sebagai pilot program Moderasi Beragama Bersinergi bagi warga usia dini," ujar Kasimin MPd.


JP. Sihombing menambahkan bahwa kegiatan ini sangat positif dan siap bersinergi dalam mewujudkan program moderasi beragama ini. 


"Intinya bagaimana bersama-sama kita "keroyok" guna menanamkan akhlaq dan krakter ke generasi penerus sehingga sendirinya sikap Moderasi Beragama ini akan semakin terealisasi," sebutnya.


Syofi Yardi menyampaikan sangat berterimakasih dengan pihak Kementerian Agama yang telah mengupayakan untuk aksi pembinaan program Moderasi Beragama di Kampung Pinang Sebatang Timur. Karena memang warga masyarakat PST sangat heterogen baik dari agama, etnis, suku dan daerah.


Rinaldi SAg, menyampaikan program ini telah diawali dengan pelaksanaan sosialisasi ke warga masyarakat PST diwakili para Kadus, Ketua RK dan RT yang langsung dilakukan oleh Kepala Kemenag Siak, H Erizon Effendi di gedung serbaguna Kantor Desa PST beberapa waktu lalu.


"Bahkan juga telah ditetapkan oleh pihak Pemkam PST bahwa Dusun III PST sebagai wilayah binaan. Dan saat ini kita sudah masuk ke tahap membina generasi masyarakat usia dini yang dipusatkan di SDN 08 ini. Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak sehingga tahap demi tahap program ini bisa dijalankan," ucap Rinaldi. (R24)

Postingan Populer