Pemerintah Harus Perhatikan Abrasi Pantai Ketapang, Desa Sungai Cingam

Abrasi pantai Ketapang, Desa Sungai Cingam semankin parah. Kalau hal ini dibiarkan dan tidak ada tindakan cepat. Ditakutkan nanti akan menjadi lebih parah. 

RUPAT (Lintas1 News) - Saat ini abrasi pantai ketapang, desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis semankin hari semankin menjadi. Kalau hal ini terus dibiarkan dan tidak ada ke kebijakan dari pemerintah, ditakutkan abrasi akan semankin luas. Apalagi saat ini keberadaan pantai Ketapang menjadi salah satu objek wisata yang ada di Provinsi Riau yang harus dilestarikan. 

Akibat adanya abrasi di bibir pantai Ketapang tersebut. Beberapa fasilitas yang dibangun oleh pemerintah desa bersama Bumdes menjadi rusak. Akibat diterpa ombak. Padahal keberadaan pantai tersebut berpotensi mendatangkan wisata lokal maupun manca Negara. Apalagi kalau hari-hari besar, seperti Hari Raya Idul Adha dan hari libur, itu ratusan pengunjung yang datang ke pantai tersebut.

Dalam hal ini, " kita sudah berupaya  dengan semampunya dengan cara menyampaikan ke pemerintah bahkan melalui musrembang desa dan juga kecamatan dan sudah berupaya untuk menggiringnya melalui RKP. Bahkan melalui proposal sudah kita layangkan ke kabupaten maupun propinsi dan kementrian pusat tapi sayang, tidak ada respon," keluh salah satu tokoh muda Desa Sungai Cingam, Setia Irawan kepada wartawan.

Ditambahkannya kembali, kalau permasalahan ini tidak cepat diambil sikap. Dalam hitungan 2 tahun pantai Ketapang akan hilang. Besar harapan kami kepada wakil rakyat yang terpilih untuk bisa sama-sama memperhatikan situasi ini, ujar Setia Irawan. Mg1

Postingan Populer