Kampung Pencing Bekulo Adakan Pelatihan Teknologi Pemanfaatan Biomassa Kelapa Sawit *Dalam Upaya Tingkatkan Ekonomi Kreatif

Foto Bersama Usai Kegiatan Pelatihan

Penghulu Kampung Pencing Bekulo
Eka Indrawan Sinaga A.Md Saat Menyampaikan Sambutan

KANDIS - Pemerintah Kampung Pencing Bekulo yang sebelumnya bekerjasama dengan PPKS Medan dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui peningkatan ekonomi kreatif, pada Jumat Pagi (29/11) menggelar kegiatan Pelatihan Teknologi Pemanfaatan Biomassa Kelapa Sawit. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Penghulu Kampung Pencing Bekulo Kecamatan Kandis Kabupaten Siak.

Peserta Pelatihan


Hasil kerja sama antara Pemerintah Kampung Pencing Bekulo dengan PPKS Medan ini bertujuan untuk membuat keterampilan pemanfaatan tankos (tandan kosong) dan cangkang sawit untuk membuat briket arang yang bahan bakunya dari tankos.




Tak hanya itu, kegunaan briket arang ini sendiri adalah berguna sebagai pengganti energi gas Elpiji dalam rumah tangga maupun home industri yang lebih ekonomis.



"Sebelumnya kerjasama ini sudah kami bicarakan. Hinggalah hari ini dilakukan pelatihan. Sebagai mana diketahui, briket arang ini sendiri adalah merupakan hasil penelitian lembaga riset PPKS Medan yang akan dikembangkan dan dapat menjadi usaha baru bagi masyarakat dan dapat dikelola dengan skala besar. Nah tujuan kita adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan ini,"kata Penghulu Kampung Pencing Bekulo Eka Indrawan Sinaga A.Md kepada media ini Sabtu pagi (30/11).




Eka menambahkan, selain briket, pihak PPKS Medan pun mengenalkan pemanfaatan lidi sawit menjadi produk kerajinan.

"Ya selain pelatihan briket arang ini, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengenalan tentang pemanfaatan lidi sawit menjadi produk-produk kerajinan tangan. Seperti piring lidi, tas lidi, sepatu dari serat jankos dan lukisan dari serat tankos sawit,"jelasnya.




Ketika ditanya apa harapan melalui adanya kegiatan tersebut, Penghulu Kampung Pencing Bekulo ini menjelaskan harapannya tersebut.

"Harapan kami pelatihan ini bisa bermanfaat bagi masayarakat dan dapat dikembangkan sebagai usaha baru yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Kemudian, secara khusus kami ucapakan terima kasih kepada PPKS Medan, DPD Samade Siak dan DPP Samade yamg telah bekerjasama untuk menggelar acara ini di Kampung Pencing Bekulo ini,"pungkasnya.

Postingan Populer