Mengenal Program Pola Asuh Anak Dan Remaja



Oleh: Syamsidar
Ketua Pokja 1 Kecamatan Kandis



Saat ini pemerintah republik Indonesia melalui sejumlah programnya selalu memberikan perhatian penuh. Salah satunya adalah program Pola Asuh Anak Dan Remaja yang saat ini sedang booming di Indonesia. Tujuan keberadaan program ini adalah memberikan pendidikan dengan pola asuh yang lebih baik, terutama terhadap perhatian orang tua terhadap anak dan juga terhadap anak usia remaja yang saat ini rentan oleh pengaruh negatif dampak dari globalisasi yang seolah tak bisa kita bendung.


Setiap orang tua, pastinya menginginkan anak-anak mereka tumbuh dengan baik dan memiliki harapan yang baik pula. Sehingga apa yang menjadi harapan oleh orang tua bisa tercapai. Sebagaimana kita ketahui, anak adalah pelanjut cerita penerus sejarah, ditangan mereka bangsa Indonesia ini seperti apa nantinya.


Program Pola Asuh Anak Dan Remaja ini memusatkan perhatiannya pada pembentukan pendidikan anak dan juga remaja. Kita tahu, anak di usia remaja, mereka masih mencari jati diri mereka seiring dengan perubahan fisik yang mereka alami. Nah hal ini menjadi sebuah perhatian yang harus lebih ekstra terhadap perubahan tingkah laku anak.


Program Pola Asuh Anak Dan Remaja adalah usaha orang tua dalam membina dan membimbing anak baik jiwa maupun raganya sejak lahir sampai dewasa (18 tahun). Selain itu, yang dimaksud dengan pola asuh adalah kegiatan kompleks yang meliputi banyak prilaku spesifik yang bekerja sendiri atau bersama-sama yang memiliki dampak pada anak 


Tujuan utama dari program Pola Asuh Anak Dan Remaja adalah menciptakan kontrol terhadap a ak dan remaja yang diharapkan mampu menumbuhkan nilai-nilai positif.


Hal inilah yang akan terus dikembangkan oleh Tim Penggerak PKK yang ada di Kecamatan Kandis melalui sejumlah pokja-pokja yang ada di Kampung dan Kelurahan di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak. Dan ini tentunya butuh dukungan dari berbagai pihak dalam mengembangkan program yang sangat baik ini.


Untuk itu kami akui, memang kalau di dengar sepintas oleh sebahagian orang sih terlalu muluk. Tapi kami hanya berusaha memperbaiki pola asuh orang tua dan lingkungan yang selama ini sudah salah. Karena banyak orang tua yang terlalu kecanggihan hingga memilih jalan pintas dengan memfasilitasi anak dengan teknologi canggih.


Jadi kami mencoba mengarahkan pada setiap orang tua, agar dalam mendidik dan mengasuh anak di sesuaikan jamannya tapi tidak mengurangi nilai-nilai moralnya. Semoga program ini nantinya dapat terus berkembang dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Postingan Populer